Aquarium Kaca Vs Akrilik

Perbandingan Aquarium Kaca Vs Akrilik, Mana yang Paling Bagus

posted in: aquarium akrilik | 0

Aquarium Kaca Vs Akrilik-Mana yg paling mengagumkan Buat Aquascape. Saat ini ada 2 jenis tangki akuarium yg poly beredar dipasran. Yaitu tangki akuarium berbahan kaca dan berbahan akrilik. Masing-masing

akuarium ini memiliki kelebihan & kekurangan sendiri. Berikut ini adalah uraian singkatnya:

Ketahanan Gores Akuarium Kaca Vs Akrilik
Kaca:
Kaca sangat sulit tergores. Gores kaca umumnya membutuhkan bahan yang relatif keras & tekanan yg cukup besar . Anda dapat menggores kaca jika Anda merogoh sepotong kerikil akuarium atau batu yang tidak dilapisi dan menggosoknya ke kaca, atau jika Anda merogoh sepotong logam & menggunakan sengaja menggaruknya. Tetapi ini tidak mungkin.

 Aquarium Akrilik
Akrilik sangat gampang tergores. Tangki bisa tergores oleh seseorang yang menyikatnya menggunakan sandang, perhiasan, dompet, tas punggung, atau tas waktu berjalan santai melewatinya di toko, & tangki bisa dengan gampang tergores waktu orang berkiprah, memuat, atau menurunkannya.

Karena akrilik gampang tergores, sangat penting menggunakan scrubber alga yg aman saat membersihkan Aquarium Akrilik, & pastikan Anda tidak merogoh kerikil akuarium di bantalan scrub secara tidak sengaja saat Anda menggunakannya.

Tentu saja, akrilik jua lebih gampang diperbaiki ketika tergores. Kit pemoles akrilik tersedia di banyak tempat, & ini bisa digunakan buat menghilangkan tabrakan di bagian luar tangki. Poles ini nir boleh digunakan di bagian dalam akuarium, karena dapat meninggalkan residu beracun yang sanggup menciptakan tangki nir mampu dihuni.

Berat Jenis Akuarium Kaca Vs Akrilik
Kaca:
Kaca lebih padat dan karena itu lebih berat dari akrilik. Sebuah tangki kaca akan mempunyai berat 4-10 kali lipat menurut tangki akrilik menggunakan volume yang sama.

Akrilik:
Akuarium akrilik lebih ringan dari tangki kaca. Apabila kita wajib memindahkan tangki akrilik untuk beberapa alasan, akan jauh lebih mudah untuk dilakukan begitu air telah habis.

Pecah dan Retak
Kaca:
Kaca lebih mudah pecah apabila terjadi benturan atau terjatuh. Tetapi hampir sporadis terjadi peristiwa besar yg mampu memecahkan kaca bila nir terjadi kelalaian atau ketidaksengajaan.

Akrilik:
Akrilik cukup tangguh apabila terjadi benturan atau terjatuh. Tetapi akrilik jua mudah meninggalkan bekas jika tergores permukaannya.

Bentuk Aquarium Kaca Vs Akrilik
Kaca
Kaca relatif kaku & ringkih. Lantaran itu, sulit untuk membuat tangki ikan dari kaca yang nir berbentuk persegi panjang. Tangki kaca yg melengkung mempunyai kecenderungan buat membelokkan cahaya, membuat benda-benda di sisi lain menurut kaca melengkung tampak lebih besar atau lebih kecil dari yg sebenarnya. Tetapi, beberapa tangki kaca menggunakan sisi melengkung tersedia saat ini.

Akrilik
Akrilik mudah dibuat & dicetak sebagai majemuk bentuk. Akrilik juga mempunyai sedikit kesamaan buat mendistorsi hal-hal yang berada di belakang kurva. Karena 2 faktor ini, akuarium akrilik tersedia dalam beragam bentuk.

Kejernihan Akuarium Kaca Vs Akrilik
Kaca
Kaca mempertahankan kejernihannya berdasarkan saat ke ketika. Bahkan kaca yg usang dan berkerak pula bisa dibersihkan buat dibuat akuarium tapi wajib dibersihkan menggunakan teiliti bahkan beberapa memerlukan cairan kimia khusus.

Akrilik
Banyak jenis akrilik akan menguning seiring bertambahnya usia, terutama bila disimpan di bawah sinar spektrum penuh atau terkena sinar surya langsung. Ini adalah reaksi kimia normal dalam bahan yg terbuat berdasarkan akrilik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *