fungsi mesin cutting laser

posted in: Uncategorized | 0

Pada tahun 1965 mesin ini pertama kalinya dipakai untuk mengebor berlian. Mesin cutting laser dibuat sang Pusat Penelitian Teknik Western Electric pada tahun 1967. Pada awal 1970an, mesin laser cutting dijadikan pemotong titanium buat aplikasi ruang angkasa.

Kegunaan mesin ini adalah buat hal-hal yg bersifat kreatif, semisal Souvenir / Merchandise yang terbuat berdasarkan Acrylic (Akrilik), Marmer, Kaca, Kayu, Kertas, Karet Stempel, Kulit Sintetis dan lain sebagainya. Jenis-jenis berdasarkan mesin ini sendiri diproduksi sesuai Ukuran yg Umum digunakan dalam Produksi Kreatif Pengolahan suatu Bahan / Material. Adapun yang sekarang Umum digunakan di Industri / Usaha adalah 40 x 60 centimeter, 60 x 90 cm, 90 x 120 cm, 90 x 140cm, 130 x 250cm, dll. Seiring menggunakan banyak macam Bahan / Material yg sanggup digunakan pada mesin cutting laser , maka Sinar PLASMA / LASER bisa diatur sinkron kebutuhan, entah itu hanya dipakai untuk menggores / mengukir / Grafir , atau untuk memotong / menembus material sebagai akibatnya menghasilkan Potongan sinkron dengan yg anda inginkan. Biasanya buat menggores / mengukir / Grafir (ENGRAVING) diperlukan Daya / Sinar Laser plasma yang cukup kecil namun membutuhkan saat yg lebih usang. Sedangkan buat memotong / menembus (CUTTING) diperlukan Daya / Sinar Laser plasma yg agak besar namun saat proses pengerjaan yg lebih cepat dibandingkan proses Grafir.

Adapun Kemampuan mesin laser cuttingĀ  adalah menjadi berikut :

Menggores (Marking), Sinar laser Mengganggu bagian permukaan material sehingga meninggalkan tanda berupa gesekan.
Gravir (Engraving), Sinar Laser plasma menggores permukaan material dengan kedalaman yg tidak selaras sehingga membuat bentuk Ukiran atau Gambar atau Motif yg sesuai menggunakan Gambar yg kita inginkan..
Melubangi (Perforating / Punching / Cutting), Sinar Laser plasma melubangi material menggunakan bentuk sesuai yang kita Inginkan.

Adapun Kelebihan berdasarkan mesin laser cutting ini adalah Sinar Laser plasma yg digunakan menjadi indera UKIR / GRAFIR dan POTONG. Kualitas GRAFIR / UKIRAN sangatlah indah dan lebih jelasnya, serta mempunyai nilai seni yang baik & prosesnya pula yg sangat cepat.

Untuk perawatan mesin ini adalah dengan merawat Tabung Laser Mesin, perhatikan pencucian Sistem Optik pada Lensa, Pembersihan dalam Sistem Exhaust, Perhatikan cara penggantian & pemasangan tabung laser dan Penyetelan Arah Sinar & Fokus.

Mesin ini sangatlah masih langka dipakai pada perusahaan manufaktur namun poly peminatnya karena benda yang dihasilkan menurut mesin laser cutting engraving ini sangatlah variatif dan bisa menghasilkan Nilai Seni yg Luar Biasa & Perkembangan yg Tak Terbatas.

Summary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *