Aplikasi Akrilik buat Interior

Aplikasi Akrilik untuk Interior, Eksterior, Serta kelebihan Akrilik

posted in: Akrilik | 0

Aplikasi Akrilik buat Interior-& Eksterior. Acrilik merupakan resin sintetis yang dibentuk menyerupai lembaran kaca. Resin akrilik penggunaannya sangat luas selain buat papan yang menyerupai kaca juga dipakai pada industri cat & kimia.

Acrilik memiliki sifat mencair saat terkena panas menggunakan suhu tinggi, tetapi mempunyai sifat lentur & tahan terhadap benturan. Pada penggunaan dibidang interior dan eksterior akrilik banyak dipakai untuk furniture, neon box, pengganti kaca jendela & pintu.

Selain itu, acrilik juga gampang dipotong & dibentuk dan mudah pada grafir atau di ukir. Acrilik pula hadir dengan beragam rona & ketebalan sehingga memberikan poly pilihan pada pengguna.

Akrilik merupakan polymethyl methacrylate yg berupa polimer sintetis berdasarkan metil metakrilat yg bersifat mencair apabila dipanaskan dan permukaannya transparan.

PMMA (polymethyl metacrylate) berupa material yg transparan, menarik buat dekorasi, dan kondusif buat proses makanan. Ciri utama material akrilik (acrylic) adalah warnanya yang bening transparan. Tidak hanya sekedar bening, PMMA juga sedikit sekali menyerap sinar yg melalui media tersebut.

Di sinilah letak perbedaan optis yang utama antara kaca dan acrilik. Walaupun bening, kaca menyerap cahaya yg masuk sehingga semakin tebal kaca tadi maka semakin sedikit sinar yg bisa melaluinya, maka sifat tembus pandangnya makin berkurang.

Sedangkan acrilik, penyerapan sinar yg terjadi sangat kecil sebagai akibatnya walaupun tebalnya bertambah, sifat transparannya tidak poly berubah.Selain itu, kaca lebih bersifat getas. Acrilik bersifat lebih kenyal, sehingga secara teknis lebih bisa bertahan dalam hentakan tekanan dinamik air. Di samping itu, hal yg merugikan merupakan kaca akan berlumut, sedangkan dalam acrilik tidak. Perbedaan semua inilah yang membuat akuarium-akuarium ukuran raksasa nir memanfaatkan kaca.Aplikasi Akrilik buat Interior

Beberapa sifat yang dimiliki oleh akrilik:

Bening dan transparan
Kuat, lentur, & tahan usang
Aman buat kuliner lantaran mikroorganisme tidak mungkin berkembang
Dapat dibuat menjadi aneka macam kategori bentuk yang sangat beraneka macam

Keunggulan Akrilik
Lebih ringan dibandingkan kaca
Lebih tahan benturan dibandingkan kaca
Tidak bereaksi dalam sinar matahri
Tahan terhadap cuaca luar area
Dapat didaur ulang
Tahan dalam reaksi kimia dibandingkan bahan plastik yang lain
Ramah lingkungan & tidak mengandung racun
Mudah dibersihkan & dirawat
Kejernihan akrilik bisa bertahan sampai bertahun-tahun
Transportasi dan pemasangan bahan bangunan akrilik lebih mudah dan murah
Senyawa kimia yang mengandung gugus acryloyl berasal dari asam akrilat material yg digunakan sebagai bahan dasar acrilik.

Serat acrilik , serat sintetis dari polyacrylonitrile
Kaca akrilik atau poli (metil metakrilat), “Plexiglas”, “Perspex”, termoplastik transparan
Cat akrilik , cat cepat kemarau yang mengandung pigmen suspensi pada emulsi polimer akrilik
Resin acrilik , sekelompok zat termoplastik atau termoset yg terkait
Polimer akrilat atau polimer , sekelompok polimer (plastik) yang dicatat untuk transparansi & elastisitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *